Toko Online | Peralatan Perlengkapan Pendukung Kolam Taman air Akuarium Industrial Agroindustri Perikanan

terdesign.comgesund obat ikanredin.iddeep blue filter

 
E-mail Print PDF

MEMILIH POMPA AIR part II

MEMILIH POMPA AIR part II

Seperti sudah di jelaskan pada artikel part I ( KLIK DISINI untuk link ke artikel sebelumnya )  dengan judul yang sama sebagai pedoman dasar memilih pompa air  agar sesuai dengan kebutuhan, pada artikel ini kami coba jelaskan faktor faktor lain yang berpengaruh pada hasil / harapan kinerja pompa yang sesuai dengan kubutuhan yang kita harapkan.

pompa air


Dalam sebuah produk Pompa Air selalu ada spesifikasi , terlepas spesifikasi lengkap atau hanya spesifikasi minimal. Spesfikasi lengkap biasa juga di lengkapi dengan cart kinerja pompa. Di produk pompa yang hanya mencantumkan spesifikasi minimal berarti hanya ada 3 faktor yang di cantumkan, biasa hanya power ( konsumsi daya listrik ), Q.max ( hasil / output minimal ), dan H.max ( daya pancar / ketingggian maksimal ).


Seperti telah di jelaskan pada artikel sebelumnya , selain hal hal tersebut yang perlu kita perhatikan adalah DISCHARGE ( ukuran saluran output pompa ), karena perhitungan faktor faktor di atas semuanya harusnya perhitungan didasarkan pada point tersebut.  Hanya saja sebagai kita konsumen sering kali kesulitan mendapatkan keterangan tersebut.


Dan Sebagai penjual kami juga kesulitan mendapatkan informasi hal tersebut jika di katalog produk mereka tidak mencantumkan hal tersebut. Ada kalanya konsumen kami jengkel bahkan marah dikarenakan hal tersebut. Sekalian saja kami jelaskan disini JIKA kami memberikan penjelasan hal tersebut tampa didasari PEDOMAN dari PABRIK atau dan atau pihak pihak yang dapat mewakili hal tersebut, kami boleh dikatakan melanggar semacam ETIKA karna jika kami memberikan keterangan berarti  hanya dapat di katakan SPESIFIKASI ASUMSI dan hal tersebut tidak dapat dibenarkan. Jadi dalam hal ini kami mohon maaf kepada para pelanggan atau pun calon pelanggan.


Jadi dalam memilih pompa air yang sesuai dengan kebutuhan hal yang perlu diperhatikan adalah ukuran discharge, sesuaikan dengan saluran instalasi yang saudara pergunakan.
Bagaimana jika ukuran discharge yang berdeda dengan saluran yang sudah terinstal ?
Hal tersebut tidak lah bermasalah, hanya saja tinggal tentukan pompa pilihan anda sesuai dengan saluran yang sudah terpasang.


Bagaimana Caranya ?


Tinggal memperhitungkan dengan rumus rumus dasar tekanan fluida hal tersebut bisa diselesaikan dengan sederhana, walaupun memerlukan perhitungan yg cukup rumit.
Untuk Penjelasan kita ambil saja contoh, misalkan ada sebuah pompa dengan spesifikasi


            75 watt, Q. Max 9000 liter / jam, H.max 2.5 meter , dischage 1 inci


Jika pada saluran dischage kita sambung dengan fitting pipa jenis reducer ( perkecil  ), maka yang terjadi adalah :
           Q. max < 9000 liter / jam , H.max  > 2.5 meter


Jika pada saluran dischage kita sambung dengan fitting pipa jenis increser ( perbesar  ), maka yang terjadi adalah :
Q. max tetap , atau lebih besar ( ada beberapa faktor lain yang menentukan, misal daya listrik ) , namun yang pasti terjadi adalah H.max <  2.5 meter.


Jadi ada kalanya pompa yang telah anda gunakan dengan sistem saluran yang saudara instal sebernarnya akan sama saja jika saudara memakai pompa dengan type lain yang mungkin lebih lebih efisien.
Jadi mungkin ini juga menjadi jawaban kenapa untuk merk tertentu kami tidak menjual seri tertentu, jika ada yang lebih baik buat apa lebih mahal ?


By 3as  www.PusatToko.Com

  Custumer Service

telpon fax 0341 476174  hubungi kami via sms 0857 9088 7033  hubungi kami selular 08222 880 4933 - 0878 5907 6733

pembayaran-visa