Toko Online | Peralatan Perlengkapan Pendukung Kolam Taman air Akuarium Industrial Agroindustri Perikanan

terdesign.comgesund obat ikanredin.iddeep blue filter

 
E-mail Print PDF

ISTILAH DAN SATUAN YANG BIASA DIGUNAKAN DI PRODUK POMPA AIR DAN POMPA UDARA

istilah satuan yang biasa digunakan pada pompa air atau pompa udara atau yang sering juga disebut blower atau aerator. Pada artikel ini kita bahas istilah - istilah yang sering kali dijumpai pada brosur atau detail produk, dengan tujuan agar masyarakat awam dapat memahami istilah agar dapat menentukan pilihan produk yang sesuai dengan kebutuhan.

 

H.max = hight maximal

ketinggian maksimal pompa untuk memancarkan air, hal untuk biasa kita gunakan sebagai gambaran kekuatan tekanan air . Orang awam sering salah mengartikan hal ini sebagai pedoman ketinggian penggunaan /aplikasi, biasa menggunakan satuan meter.

 

Q.max = Q maximal

Jumlah Output maksimal yang dapat di hasilkan oleh pompa pada ketinggian ~ 0, biasa sering menggunakan satuan L /H ( liter / Jam ) , L / Mnt ( liter / menit ) , dan lain lain

Untuk lebih jelas masalah ini bisa baca artikel kami yang berjudul

 

MEMILIH POMPA AIR

 

Memilih Pompa Air

Stand. H = Standart Hight

Ketinggian Standart , ketinggian standart

 

Stand. Q = Standart Q = Stand Flow

Jumlah Output standart

Kedua istilah diatas merupakan satu kesatuan antara satu dengan lainnya, artinya satu dengan lainnya dan saling berkaitan. Untuk lebih jelas bisa dipahami dengan contoh di bawah ini.

 

Stand Head = 10 meter

Stand Flow = 10 liter / detik

Satuan ini dapat kita artikan pada ketinggian 10 meter, Flow yang di hasilkan adalah 10 liter / detik

 

H. op = Hight Operasional

Q. op = Q Operasional

Pengertian kurang lebih sama dengan stand H dan stand Q, hanya saja istilah ini sering digunakan oleh para praktisi untuk menentukan kebutuhan akan pompa tertentu. Karena sifatnya yang demikian istilah ini jarang muncul di katalog / brosur pompa, namun hal ini biasa nya di dalam brosur / katalog di wakili oleh Cart / Grafik yang sebenarnya menggambarkan satuan tersebut

 

Max. Dep = kedalaman maksimal

Kedalaman maksimal daya hisap / vacum pompa , Istilah ini biasa digunakan pada pompa sentrifugal.

 

Max. Dep

pada pompa jenis submersible ( biasa berlambang tanda panah kebawah bergaris ), bisa diartikan bahwa sistem pompa tersebut dapat digunakan tampa mengalami gangguan / kerusakan hingga pada kedalaman tersebut. Hal ini di sebabkan pengaruh tekanan air

 

Total Head = Head Total

Total Head adalah total atau jumlah kemampuan hisap / vacum dan daya pancar yang disatukan.

Istilah ini biasa digunakan pada pompa sentrifugal , yang harus kita pahami dalam menentukan pilihan pompa adalah bahwa TOTAL HEAD lebih kecil dari pada kedalaman maksimal ditambah ketinggian maksimal . untuk lebih memahami bisa di lihat pada contoh berikut.

Max. Dep = 5 meter , H. Max = 10 meter , total 8 meter

Jadi, TOTAL HEAD ? H.Max + Max. Dep

Misal kita membeli pompa centrifugal untuk sumur sedalam sepuluh meter untuk dinaikan ke tandon air di lantai tiga dengan tinggi 10 meter, pompa dengan spesifikasi diatas adalah pilihan yang salah.

 

NPSH ( net positive suction Head )

NPSHR ( net positive suction Head required )

Untuk Masalah ini mungkin akan di bahas kemudian dengan artikel tersendiri jika memang dibutuhkan, karena sifatnya yang tehnis dan jarang sekali diperlukan pada implementasi di bidang perikanan dan pertamanan umum.

 

Untuk perhitungan pada penggunaan pompa udara, blower, aerator pada prinsipnya sama, hanya saja untuk perhitungan penggunaan dalam air, memiliki beberapa tambahan koefisien - koefisien lain yang perlu diperhitungkan, seperti berat jenis air, dengan perhitungan sedikit lebih rumit karena biasa harus memperhitungkan komponen / alat pendukung tambahannya.

 


By 3as - www.PusatToko.Com

  Custumer Service

telpon fax 0341 476174  hubungi kami via sms 0857 9088 7033  hubungi kami selular 08222 880 4933 - 0878 5907 6733

pembayaran-visa