Toko Online | Peralatan Perlengkapan Pendukung Kolam Taman air Akuarium Industrial Agroindustri Perikanan

terdesign.comgesund obat ikanredin.iddeep blue filter

 
E-mail Print PDF

GEMERLAP IMPORT,GEMULAI LOKAL

Banyak kalangan hobies yang masih mengagungkan gemerlap koi import dan memandang sebelah mata koi lokal,dengan berbagai macam alasan.

Banyak alasan yang memang mungkin benar demikian adanya, seperti bentuk badan, warna, pola,dan yang sering kali banyak yang digaungkan adalah masalah genetika.

Apakah benar demikian adanya ???

Bentuk badan, warna,pola,kualitas kulit adalah hal yang kasat mata, dan dapat dengan jelas bisa diperbandingkan dengan gamblang, tentu saja yang membandingkan haruslah dua pihak yang "sejajar" dalam artian yang sebenarnya.
Kita ambil contoh jangan membandingkan koi lokal seharga Rp.75.000 dengan koi import, koi lokal seharga 5 digit angka, koi import sekitar 7 digit angka,kalau misalkan di konversikan ke versi asian handicap akan menjadi 0 - 2 , minimal 1 1/2 - 2, jelas ada ketidak seimbangan.


Masalah Genetika adalah masalah yang tidak dapat di buktikan secara kasat mata, pegangan para hobies hanyalah bersandar pada secarik kertas yang bernama sertifikat. Apakah semua koi import bersertifikat ? Bagaimana dengan koi import tampa sertifikat ?

pegangannya hanyalah sekedar lisan,,,


Dan dalam sertifikat koi garis keturunan tidaklah sejelas stambum ( serfikat anjing ) yang menyertakan silsilah keturunan hingga tujuh garis keturunan !!! Yang bila di tinjau dari segi "biologi" sudah dapat dijadikan acuan akan pembentukan genetika yang kuat, karena biasa tiap garis keturunan juga di sertakan prestasi -prestasi yang pernah di capai.

Bagaimana dengan sertifikat koi ???

Pernah pada saat,santai di pinggir kolam mengamati koi,terlihat koi yang perkembangannya lebih pesat di atas koi lainya, mulai mengingat - ingat, koi ini dari indukan yang mana ? dan celakanya setelah berusaha dengan segenap kemampuan daya pikir, tak dapat memastikan indukannya yang mana, padahal untuk koi tertentu yang "dijaga" jumlahnya tidaklah banyak.


Lantas terlintas dalam pikiran saya bagaimana para dealer koi import mengingat - ingat asal usul koinya ? yang banyak digadang gadang mempunyai genetika yang jelas???

Bila di lihat distribusi koi import setelah masuk di indonesia, tidaklah pendek, Mulai dari importir memang ada juga yang langsung ke konsumen, Berapa persen ?
yang umum & sering terjadi dari dealer ke dealer lain, ke dealer di bawahnya, ke pengecer, ke ada kalanya mampir dulu ke "promotor" dan seterusnya.
seandainya dan misalkan para "promotor" yang lupa nama breeder nya masih lumayan, bagaimana jika para importirnya yang lupa asal breeder nya ????

Lokal atau import ? keputusan ada di tangan para hobbies sesuai "keimanan" masing - masing, yang penting ,,,,,,,,,,,,

enjoy,,,aja.....

by 3as - www.terminalkoi.com

  Custumer Service

telpon fax 0341 476174  hubungi kami via sms 0857 9088 7033  hubungi kami selular 08222 880 4933

pembayaran-visa